Istilah
statistik berasal dari bahasa latin “status” yang artinya suatu negara.
Suatu kegiatan pengumpulan data yang ada hubungannya dengan kenegaraan,
misalnya data mengenai penduduk, data mengenai penghasilan dan
sebagainya, yang lebih berfungsi untuk melayani keperluan administrasi.
Secara
kebahasaan, statistik berarti catatan angka-angka (bilangan);
perangkaan; data yang berupa angka-angka yang dikumpulkan, ditabulasi,
dikelompokkan, sehingga dapat memberi informasi yang berarti mengenai
suatu masalah, gejala atau peristiwa (depdikbud, 1994).
Menurut
Sutrisno Hadi (1995) Statistik adalah untuk menunjukkan kepada
pencatatan angka-angka dari suatu kejadian atau kasus tertentu. Selaras
dengan apa yang didefinisikan oleh Sudjana (1995:2) bahwa statistik
adalah kumpulan fakta berbentuk angka yang disusun dalam daftar atau
tabel dan atau diagram, yang melukiskan atau menggambarkan suatu
persoalan.
Statistika
beda halnya dengan statistik, statistika yang dalam bahasa Inggris
“statistics” (ilmu statistik), ilmu tentang cara-cara mengumpulkan,
mentabulasi dan menggolongkan, menganalisis dan mencari keterangan yang
berarti dari data yang berupa angka.
Statistika
merupakan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara
mengumpulkan, menabulasi, menggolong-golongkan, menganalisis, dan
mencari keterangan yang berarti dari data yang berupa bilangan-bilangan
atau angka, sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan atau keputusan
tertentu.
Selain
itu, Statistika juga merupakan cabang ilmu matematika terapan yang
terdiri dari teori dan metoda mengenai bagaimana cara mengumpulkan,
mengukur, mengklasifikasi, menghitung, menjelaskan, mensintesis,
menganalisis, dan menafsirkan data yang diperoleh secara sistematis.
Dengan demikian, didalamnya terdiri dari sekumpulan prosedur mengenai bagaimana cara:
· Mengumpulkan data
· Meringkas data
· Mengolah data
· Menyajikan data
· Menarik kesimpulan dan interpretasi data berdasarkan kumpulan data dan hasil analisisnya
Sedangkan
dalam dunia pendidikan, statistika membahas tentang prinsip-prinsip,
metode, dan prosedur yang digunakan sebagai cara pengumpulan,
menganalisa serta menginterpretasikan sekumpulan data yang berkaitan
dengan dunia pendidikan.
Lebih
jauh, statistika dalam Pendidikan Luar Biasa dapat diartikan sebagai
penggunaan (aplikasi) prinsip-prinsip, dasar-dasar dan perhitungan
statistik dalam menganalisa problema-problema PLB.
Juga dari sisi lain, Statistika dalam psikologi dimaknai sebagai penggunaan (aplikasi) prinsip-prinsip, dasar-dasar dan perhitungan statistik dalam menganalisa problema-problema bidang psikologi.
Sumber : http://ithasartika91.blogspot.com/2011/10/pengertian-dan-perbedaan-statistik-dan.html
Sumber : http://ithasartika91.blogspot.com/2011/10/pengertian-dan-perbedaan-statistik-dan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar